Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Suasana Idul Fitri Desa Cepedak 1439 H

Friday, 15 June 2018 | 6/15/2018 10:00:00 am WIB Last Updated 2018-06-17T11:21:00Z
Cepedak News - Hari Raya Idul Fitri juga dikenal dengan nama Lebaran. Dimana ada tradisi yang unik di saat menjelang lebaran karena, keluarga yang merantau mudik ke kampung halaman bertemu dengan keluarga. Lebarang kurang lengkap jika tidak pulang kekampung halaman serta berkunjung kerumah sanak saudara. 

Umat Islam di berbagai penjuru dunia merayakan Idul Fitri yang menandai akhir dari bulan suci Ramadhan, dengan berkumpul bersama dan melaksanakan sholat Idul Fitri sekaligus saling bersilaturahmi. Untuk wilayah Indonesia Hari Raya Idul Fitri jatuh pada Jumat 15 Juni 2018 tentunya penentuan awal puasa dan hari lebaran ini dilakukan dengan sidang isbat. Sidang isbat (secara harfiah isbat berarti penyungguhan, penetapan, dan penentuan) adalah sidang penetapan dalil syar'i di hadapan hakim dalam suatu majelis untuk menetapkan suatu kebenaran atau peristiwa yang terjadi.

Suasana Sholat Idul Fitri 1439 Masjid Nurul Huda Foto : M. Sodiqul Ma'arif
Sebelum melaksanakan Idul Fitri warga Desa Cepedak biasanya berziarh ke makam orang tua atau saudara yang telah wafat. Setiap warga berziarah ada yang membawa kembang dan membacakan yasin di makam tersebut. Setelah pulang dari makam sesuai dengan sunah sebelum sholat Idul Fitri warga Desa Cepedak melaksanakan sunah terlebih dahulu diantaranya mandi, berganti pakaian yang terbaik, menggunakan wewangian, makan atau sarapan, bertakbir saat berangkat ke masjid serta melewati jalan yang berbeda saat berangkat dan pulang.

Berikut ini album suasana Idul Fitri Desa Cepedak 1439 Hijriah.

Suasana Idul Fitri Dusun Munggangsari


Suasana Idul Fitri Dusun Sirebut


Suasana Idul Fitri Dusun Singolopo

Suasana Idul Fitri Dusun Gondosuli


Kami segenap Admin Cepedak News, Karang Taruna Setiyo Konco Desa Cepedak, Wisata Curug Gunung Putri, Kesenian Turonggo Budoyo dan Pemerintah Desa Cepedak
Mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H.
Taqobbalahu mina wa minkum Barakallahu Fikum Minal Adzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Batin



Setelah melaksanakan sholat Idul Fitri bersama serta mendengarkan khutbah masyarak pulang kerumah masing-masing dan halal bihalal keliling kerumah tetangga dan sanak saudara. Setiap rumah biasanya juga banyak menghidangkan kue dan makanan lebaran untuk para tamu dan sanak saudara saat berkunjung. (mt/msm)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update