Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

HASIL REKAPITULASI CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Ramadhan Kreatif Desa Cepedak 1439 Hijriyah

Sunday, 20 May 2018 | 5/20/2018 04:59:00 pm WIB Last Updated 2018-05-22T10:02:07Z
Cepedak News - Bulan Ramadhan menjadi penting bukan hanya karena di dalamnya ada rukun Islam berupa puasa dan zakat atau banyaknya ibadah-ibadah sunah yang amat istimewa yang hanya ada di dalamnya. Tetapi juga, fenomena Ramadhan juga terasa di dalam dunia ekonomi seperti geliat dinamika perkembangan pasar. Bulan Ramadhan bagaikan memiliki kreativitas secara khusus bagi umat Islam. Pantas jika seluruh umat Islam selalu mendambakan kehadiran Ramadhan di dalam menjalani perjalan hidupnya. Nabi pun mengajarkan doa, "Allahumma balligh wa barik lana Ramadhan" (Ya Allah sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan dan berkahilah kami di dalamnya). 
Ekspresi Anak-anak Saat Belanja Foto : Muhamad Toha/Cepedak News 

Selain melaksanakan puasa di bulan Ramadhan serta melaksanakan kegiatan lain seperti sholat tarawih dan tadarus Al Qur'an anak-anak Dusun Gondosuli juga mengikuti kegiatan #RamadhanKreatif dengan tema "Buka Puasa Bersama" dimana para anak-anak perempuan di wajibkan berbelanja ke Pasar Klesem hal ini tentu menjadi moment yang belum pernah mereka lakukan. Anak-anak mencoba berbelanja keperluan dapur layaknya ibu rumah tangga. Sedangkan untuk anak-anak laki-laki mencari kayu bakar dan menyiapkan beberapa keperluan lain. 
Pemilahan Sayur Mayur Foto : Muhamad Toha/Cepedak News

Sepulang dari pasar anak-anak diwajibkan untuk berkerjasama memotong dan memilah sayur mayur serta mencuci sayur tersebut agar bersih. Dalam kegiatan ini anak-anak hanya di perbolehkan menggunakan tungku yang tebuat dari batu bata yang disusun hingga membentuk tungku. Setelah semua persiapan dan bahan-bahan siap untuk di masak anak-anak perempuanpun memasak dengan menu masakan yang telah di sepakati bersama. 

Sebagi bentuk kedekatan Cepedak News dengan masyarakat dalam kegiatan ini Cepedak News mensuport kegiatan #RamadhanKreatif yang berlokasi di Dusun Gondosuli Desa Cepedak. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan kedepanya anak-anak bisa bekerja sama dan saling gotong royong dalam kehidupan bermasyarakat dan saling membantu antar masyarakat. Selain masakan untuk berbuka puasa anak-anak juga menyiapkan minuman untuk berbuka puasa dan juga takjil berbuka puasa.(mt)
×
Berita Terbaru Update