Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelaksanaan USBN Sekolah Dasar dan MI Desa Cepedak

Saturday, 5 May 2018 | 5/05/2018 02:06:00 pm WIB Last Updated 2018-05-05T07:35:26Z
Cepedak News - Pelaksanaan Ujian Sekolah Berstandar Nasional ( USBN) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) akan dimulai serentak 3-5 Mei 2018. Siswa-siswi SD dan MI Desa Cepedak mengikuti pelaksanaan USBN yang dilaksanakan selama 3 hari. Persiapan belajar di pagi hari serta, mengerjakan soal USBN di sekolah membuat siswa-siswi harus belajar lebih ekstra saat mengerjakan soal-soal USBN. USBN adalah penentu kelulusan siswa-siswi di SD dan MI, Sabtu (05/05/2018).
Ruang Pelaksanaan USBN SD Negeri 1 Cepedak Foto : Rino Cahyo Ari Wibowo, S.Pd
Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.  Dalam ujian soal Matematika terdiri dari 30 pilihan ganda dan 5 uraian dengan soal Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) Cara menentukan FPB adalah dengan melihat faktor pada bilangan tersebut dan dengan menggunakan faktorisasi prima. Pangkat yang diambilnya adalah pangkat yang terendah. Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK), Kecepatan dan Modus Medium. Ujian soal Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terdiri dari 35 pilihan ganda dan 5 soal uraian dengan soal pengolongan hewan, wujud benda dan organ tubuh. sedangkan Ujian soal Bahasa Indonesia terdiri dari 40 pilihan ganda dan 5 soal uraian butuh ke telitian membaca dan memberikan kesimpulan saat mengerjakan soal Bahasa Indonesia. 

USBN untuk jenjang SD dan MI, soal ujian disiapkan oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan dan dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG). Peran KKG adalah menyusun dan menelaah indikator penyusunan soal berdasarkan ksi-kisi USBN kemudian menyusun soal USBN yang disusun oleh guru-guru di dalam KKG.

Selain sebagai salah satu syarat kelulusan hasil USBN digunakan sebagai dasar untuk : 
  1. Pemetaan mutu program satuan pendidikan 
  2. Pertimbangan seleksi masuk jenjang pendidikan berikutnya 
  3. Pembinaan dan pemberian bantuan kepada satuan pendidikan dalam upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan
Ruang Pelaksanaan USBN SD Negeri 2 Cepedak Foto : Titik Kurniati, S.Pd
Selain USBN, ada ujian Ujian Sekolah (US) yang akan diikuti oleh siswa. Lima mata pelajaran yang diujikan dalam US yaitu: Pendidikan Agama, PPKN, IPS, Seni Budaya, serta Penjaskes (Pendidikan Jasmani Kesehatan). Adapun untuk pengumuman kelulusan SD/MI akan dilaksanakan pada tanggal 4 Juni 2018. (mt)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update