Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

HASIL REKAPITULASI CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Penelitian Goa Gunung Putri Oleh Mapala Universitas Muhammadiyah Purworejo

Sunday, 15 October 2017 | 10/15/2017 07:26:00 am WIB Last Updated 2017-10-17T02:24:58Z
Cepedak News - Desa Cepedak termasuk daerah yang berlokasi di dataran tinggi namun, keeksotisan alam yang begitu indah banyak menyimpan panorama alam yang melimpah antara lain ada hamparan persawahan, ladang-ladang, air terjun serta bukit dan gunung. Beberapa gunung menyimpan keistimewaan salah satunya adalah goa yang berada di Gunung Putri lokasinya tidak jauh dari lokasi wisata Curug Gunung Putri. Banyak warga Desa Cepedak yang penasaran dengan goa tersebut. 
Proses Penelitian Goa Gunung Putri (Foto: Bang Arif/Cepedaknews.com)

Diarea mulut goa banyak kelelawar yang keluar masuk di mulut goa pada waktu sore hari dan menjelang pagi hari. Melihat hal tersebut banyak warga yang ingin masuk di goa itu namun, karena tampak gelap dan pengap akhirnya  banyak warga mengurungkan niat untuk untuk menyusuri goa yang berada di bawah Gunung Putri Dusun Singolopo Desa Cepedak.

Karena banyaknya warga yang penasaran dengan isi didalam goa itu maka salah satu warga yang akrab di sebut Bang Arief mencoba mencari komunitas yang mempunyai alat dan ahli dalam melakukan penelitian goa. Akhirnya goa tersebut di teliti oleh Mapala Surya Rimba dari Universitas Muhammadiyah Purworejo dalam agenda penelitian goa tersebut berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 orang dari mapala, 1 dari pengelola wisata dan 1 orang dari warga sekitar. Penelusuran goa tersebut langsung di ketuai oleh Aldy Riyadi adalah ketua umum dari  mapala Universitas Muhammadiyah Purworejo atau yang sering di sebut sebagai MAPASURI, Minggu (15/10/2017).

Penelitian goa tersebut membutuhkan waktu yang lumayan lama karena harus menyiapkan tali dan alat guna meningkatkan keselamatan dalam penelitian goa. Setelah sekitar 20 menit menyiapkan alat untuk masuk ahirnya mereka di beri waktu 1 jam untuk masuk kedalam goa untuk meneliti apa yang ada di dalam goa tersebut.

Setelah skitar 1 jam didalam goa akhirnya mereka keluar dari dalam goa Gunung Putri. Untuk hasil survei dan penelitian masih dilakukan penelitian lebih lanjut. Dihimbau kepada masyarakat jangan mesuk kedalam goa tersebut tanpa menggunakan alat keamanan karena goa tersebut cukup dalam ujar Bang Arif.
Sumber : M. Sodiqul Ma'arif (Bang Arif)
×
Berita Terbaru Update