Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Debat Capres kedua Pilpres 2019 Energi, Pangan, Infrastruktur, Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam.

Sunday, 17 February 2019 | 2/17/2019 07:50:00 am WIB Last Updated 2019-02-20T01:09:14Z
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menggelar Debat Pilpres 2019 pertama pada, Kamis (17/1/2019). Debat pertama digelar di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan dengan mengangkat tema hukum, HAM, korupsi, dan terorisme. KPU menjadwalkan lima debat dalam kurun waktu Januari-April 2019. Empat peserta Pilpres 2019 akan mengikuti debat kali ini, yaitu paslon nomor urut 01 Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, serta paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno. 

Debat Capres Kedua Foto : Istimewa


Pada tanggal 17 Februari 2019  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kembali mengadakan debat Capres Kedua dengan tema Debat Capres kedua Pilpres 2019 yang diikuti Joko Widodo dan Prabowo Subianto adalah energi, pangan, infrastruktur, lingkungan hidup dan sumber daya alam.


Debat Capres kedua Pilpres 2019 yang diikuti Joko Widodo dan Prabowo Subianto akan disiarkan secara langsung di empat stasiun televisi, yaitu RCTI, JTV, MNC TV, dan iNews TV. Debat dibagi menjadi enam segmen sesuai rundown.



Adapun segmen pertama berisi penyampaian adalah :

Visi Misi Capres

Dengan alokasi waktu tiap kandidat 3 menit. Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto akan lebih dulu menyampaikan visi-misi, kemudian penyampaian visi-misi oleh capres nomor urut 01 Joko Widodo.

Segmen kedua adalah :

Pendalaman visi dan misi dengan tema infratsruktur, energi, dan pangan. Dalam segmen ini, moderator akan melemparkan pertanyaan ke Jokowi dan Prabowo secara bergantian. Kedua capres juga akan saling menanggapi. Untuk menjawab pertanyaan yang dilemparkan moderator, capres diberi waktu selama 2 menit. Sementara itu, untuk merespons tanggapan capres lawan, capres diberi waktu 1 menit.

Segmen ketiga adalah :

Pendalaman visi-misi capres berkaitan dengan tema sumber daya alam dan lingkungan hidup. Alur dan alokasi waktu dalam segmen ini sama dengan segmen kedua. Masuk ke segmen keempat merupakan debat eksploratif. Pertanyaan dibuat dalam bentuk video singkat yang sebelumnya dibuat oleh panelis debat. Hanya ada satu tema yang dimuat dalam video tersebut. Video tersebut dipilih acak oleh Ketua KPU saat segmen pertama. Alokasi waktu untuk segmen ini adalah 16 menit. Capres satu dengan yang lain dapat saling menanggapi, dengan tetap mematuhi aturan dari moderator yang berupaya memberikan keberimbangan kepada kedua capres.

Segmen kelima adalah :

Merupakan debat inspiratif. Segmen ini memungkinkan capres satu bertanya ke capres lainnya atas pertanyaan usulan capres tersebut. Alokasi waktu untuk capres bertanya adalah 1 menit. Sementara itu, untuk menjawab, capres diberi waktu 2 menit.

Segmen keenam adalah :

Berisi closing statement. Masing-masing capres diberikan waktu selama 2 menit untuk menyampaikan pernyataan tertutup. Total waktu yang dialokasikan untuk debat kedua calon presiden yaitu 1 jam 34 menit 20 detik.

Survei PoliticaWave


Dikutip dari Tribunnews.com, PoliticaWave juga merekam percakapan warganet saat debat kedua berlangsung.

Menurut survei elektabilitas pasangan Prabowo Subianto - Sandiaga Uno masih belum bisa menyalip Joko Widodo atau Jokowi - Maruf Amin. Melalui laman resminya, PoliticaWave menyajikan sejumlah survei setelah debat berlangsung. Di antaranya 'Trend of Awarness', 'Candidate Electability', 'Share of Awarness', 'Share of Citizen', dan 'Sentiment'.  (mh/mh)
×
Berita Terbaru Update