Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Beberapa Sunnah Di Hari Jumat Yang Harus Anda Ketahui

Tuesday, 14 January 2020 | 1/14/2020 09:38:00 am WIB Last Updated 2021-01-15T08:09:31Z
Cepedak -  Apakah Anda tahu hari apa yang paling istimewa dalam agama Islam? Ya, bener banget, hari Jumat. Hari Jumat merupakan hari yang begitu istimewa bagi muslim di seluruh dunia. Di hari Jumat, seorang laki-laki muslim diwajibkan melaksanakan ibadah shalat Jumat di masjid. Semua berkumpul untuk bersama-sama melaksanakan perintah Allah.
Poster Sunah Hari Jumat Foto: Istimewa


Berikut ini ada 11 sunnah yang Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam contohkan kepada kita.

  1. Membaca Surat Al-Kahfi Membaca surat Al-Kahfi merupakan sunnah Jumat yang bisa kamu lakukan ketika hari tersebut telah datang. Mulai dari malam di hari kamis, ketika waktu maghrib telah masuk. 
  2. Memperbanyak Do'a dan Dzikir Dzikir adalah mengingat Allah, dan kita diperintahkan ketika hari Jumat untuk banyak-banyak berdzikir. Kalau hari -hari biasa kita sudah banyak berdzikir, maka di hari Jumat, tentu kuantitasnya perlu ditambah.
  3. Memperbanyak Shalawat Shalawat itu bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja, baik pagi, siang, sore, ataupun malam.
  4. Mandi Bersih Sebelum Jumat Walaupun kita setiap hari mandi, di hari Jumat, ada sunnah yang sama, yaitu mandi juga. Tapi tentu mandinya beda, dengan niat akan mandi Jumat. Seperti yang ada dalam sebuah hadits dari Abu Hurairah, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda.
  5. Bersiwak, Memotong Kuku, Merapikan Kumis Rosulullah Saw sangat memperhatikan kebersihan tubuhnya, tentu sebagai umatnya kita harus meneladaninya.
  6. Memakai Pakaian Terbaik Kalau kamu shalat biasanya pakai apa? Apakah menggunakan kaos oblong saja ataukah memakai kemeja atau baju koko yang rapih.
  7. Menggunakan Minyak Wangi Setelah mandi dan mengenakan pakaian terbaik, alangkah lengkap rasanya jika ditambah dengan menggunakan minyak wangi. Sehingga diri kita akan tampak bersih dan wangi.
  8. Berangkat ke Masjid lebih Awal Sebelum mendengarkan khutbah, tentu kita harus berangkat ke masjid dulu. Bersegera ke masjid merupakan salah satu sunnah yang bisa kita lakukan di hari Jumat.
Anas bin Malik berkata, “Kami berpagi-pagi menuju sholat Jumat dan tidur siang setelah shalat Jumat” (HR. Bukhari).
Setelah berangkat awal menuju masjid, sesampainya di masjid, jangan langsung duduk, apalagi memilih tempat di belakang agar bisa bersandar di tembok. Lebih baik kamu langsung menuju shaf pertama dan melaksanakan shalat sunnah. Sebab shaf pertama merupakan tempat yang memiliki keutamaan yang besar.

Itu tadi beberapa amalan sunnah yang bisa kita kerjakan di hari Jumat. Apakah kamu akan melewatkan melaksanakan kebaikan ataukan siap menjadi orang yang melakukan kebaikan. (mh/mh)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update