Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

HASIL REKAPITULASI CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Sosialisai Penanaman Cabe Oleh Dinas Pertanian Purworejo

Monday, 2 July 2018 | 7/02/2018 09:44:00 pm WIB Last Updated 2020-12-22T02:50:29Z
Cepedak - Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. 
Penyampaian Sosialisasi Dari Dinas Pertanian Purworejo Foto : Teguh Haryanto/Cepedak News

Namun terkadang petani belum mengetahui tehnik dan cara penanaman dan pemeliharaan yang baik untuk tanaman yang di tanam, olah karena itu Dinas Pertanian Kabupaten Purworejo mengadakan Sosialilasi untuk kelompok tani yang berlokasi di Dusun Beran Desa Cepedak, Senin (2/7/2018).

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk menambah informasi dan tehnik cara merawat tanaman khusunya cabai. Seperti yang kita ketahui bahwa cabai merpakan bahan yang wajib ada di dapur, selain untuk bumbu saat memasak cabai juga memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh manusia. 

Menanam pohon cabai sangat bermanfaat apalagi tanaman ini juga merupakan tanaman yang cepat berbuah baik dikonsumsi untuk keperluan pribadi ataupun untuk di jual ke pasar. Beliau juga menjelaskan bagaimana cara menanam cabai agar cepat berbuh diantaranya adalah :
  • Asupan air dan nutrisi tanaman cabe seperti pemberian pupuk sebaiknya menggunakan pupuk organik seperti pupuk kandang ataupun pupuk humus
  • Perawatan pada tanaman cabai mulai dari memotong cabang-cabang tanaman yang layu dan mati
  • Mengatasi hama dan gulma pada tanaman cabe dengan menyemprotkan pestisida secukupnya  dan jangan terlalu berlebihan

Suasana Ruang Sosialisasi Foto : Teguh Haryanto/Cepedak News 

Selain karena memiliki cita rasa pedas, cabe ternyata memiliki banyak sekali nutrisi. Terutama kandungan vitamin C yang sangat tinggi tentunya juga baik untuk kesehatan tubuh. Secara ilmiah cabe merupakan tanaman dari genus Capsium dengan ciri khasnya yang memiliki bentuk dan warna mencolok ujar beliau. Kegiatan sosialisasi ini juga di hadiri oleh Kepala Desa Cepedak seta kelompok tani se-Kecamatan Bruno. (th/th) 
×
Berita Terbaru Update