Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Padukan 2 Kesenian Pada Malam Ke 3 Lebaran

Sunday, 17 June 2018 | 6/17/2018 05:36:00 am WIB Last Updated 2018-06-25T00:11:51Z
Cepedak News - Lebaran identik dengan pemudik yang pulang ke kampung halaman untuk berkupul dengan keluarga. Selain berkumpul dengan sanak saudara, lebaran juga dimanfaatkan untuk berlibur ke berbagai destinasi wisata. Selain menyimpan banyak potensi wisata Kabupaten Purworejo juga menyimpan banyak seni budaya. 

Salah satunya adalah kesenian kuda kepang Turonggo Budoyo tampil bersamaan dengan kesenian Lengger dimalam ke 3 setelah lebaran yang berlokasi di Dusun Sikempong Desa Cepedak.  Lengger adalah salah satu tarian tradisional dari Jawa tengah yang di mainkan oleh seorang laki–laki dan seorang perempuan. Tarian ini merupakan pengembangan dari tarian sebelumnya yaitu tari Tayub. Tari Lengger juga merupakan salah satu tarian klasik yang sudah ada sejak jaman dahulu hingga sekarang.

Lengger dan Kuda Kepang Tampil Bersama Foto : Tutur Kimin /Cepedak News
Dalam acara pentas kesenian ini juga di hadiri oleh Bpk. Tatas Sudiro Handojo selaku Kepala Desa Cepedak. Paduan kesenian ini juga diiringin dengan gendingan gamelan jawa dan nyanyian jawa (Sinden).
Foto Bersama Salah Satu Pemain Lengger Foto : Tutur Kimin /Cepedak News
Pelestraian kesenian ini harus kita jaga bersama agar kedepanya Desa Cepedak memiliki kesenian seperti desa-desa lain ujar Tatas Sudiro Handojo Kades Desa Cepedak
Pentas kesenian tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (16/6) pukul 22:00 hingga pukul 01:00 dini hari (17/6). Kesenian ini sontak menggundang warga Desa Cepedak untuk menyaksikan pentas kesenian yang beberapa tahun terakhir fakum, (tk).

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update