Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Ragam Seni Budaya Kecamatan Bruno Tampil Di Tempat Wisata

Saturday, 20 January 2018 | 1/20/2018 04:30:00 pm WIB Last Updated 2018-02-03T06:58:32Z
Cepedak News - Kabupaten Purworejo selain dikenal sebagai Kabupaten Pramuka, Purworejo juga memiliki banyak sekali kesenian seperi Tarian Dolalak, Jaran Kepang dan masih banyak lainya. Tentunya Kabupaten Purworejo Juga mempunyai banyak tempat wisata salah satunya ada di Kecamatan Bruno. Kecamatan Bruno merupakan kecamatan di kabupaten purworejo yang seluruh wilayahnya adalah pegunungan. Terletak di barat laut dari Kota Purworejo dan sebelah utara dari kota Kutoarjo. Kecamatan ini berbatasan dengan kabupaten Wonosobo di utara dan barat serta kecamatan Kemiri di selatan dan timur. Bruno adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Dinamakan "Bruno" pada zaman dahulu ada pahlawan yang bersembunyi di bruno karena di kejar kejar tentara Belanda, karena dicari cari tidak ketemu dalam bahasa jawa "diburu ora ono" (diburu tidak ada) menjadi Bruno. 
Penampilan Pentas Seni Turonggo Budoyo Foto : Erik/Cepedak News
Dalam rangka menyambut kunjungan Dinas Pariwisata Purworejo dan Praktisi wisata dari Jogjakarta pengelola wisata  Tirta Sejahtera (Curug Gunung Putri) dan Cipta Posona (Puncak Khayangan Sigendol) berkesempatan menampilkan kesenian-kesenian yang ada di tempat wisata masing-masing khususnya Kecamatan Bruno, Sabtu (20/1/2018). 
Kesenian Sari Turangga Saat Tampil Foto : Instagram @giyombong_news

Desa Giyombong juga mempunyai Kuda kepang yang bernama Sari Turangga dengan tampilan aksesoris yang berkilau membuat kesan mewah saat kesenian ini tampil. Selain itu di tempat wisata Puncak Khayangan Segendol juga ada stand produk lokal Desa Giyombong, kopi robusta giyombong, ceriping talas, tiwul, gula aren dll.

Pada saat dinas pariwisata berkunjung ke wisata alam Curug Gunung Putri langsung disambut dengan penampilan dari kesenian Turonggo Budoyo Desa Cepedak. Dengan seragam hijau tua penampilan telihat menyejukan ditemani dengan  gemricik air dan gamelan membuat pengunjung yang saat berkunjungpun bisa melihat pentas seni tersebut. Selain kesenian tentunya pengelola Curug Gunung Putri juga menjual  cendra makanan khas dan jajanan pasar Klesem. 

Sumber : Erik dan M. Sodiqul Ma'arif
×
Berita Terbaru Update