Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Permudah Distribusi Pupuk Bersubsidi, BRI Terbitkan Kartu Tani

Wednesday, 11 January 2017 | 1/11/2017 09:28:00 pm WIB Last Updated 2017-01-15T12:37:09Z
Kartu Tani adalah kartu yang digunakan oleh petani untuk membeli pupuk bersubsidi di toko pengecer sesuai dengan luas lahan yang dimiliki oleh petani. Kartu tani ini dikeluarkan oleh BRI yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan dan Kelautan Propinsi Jawa Tengah. Untuk bisa mendapatkan kartu tani ini, petani harus membuka rekening tabungan simpedes di BRI. Setiap petani yang ingin mendapatkan kartu tani harus menjadi anggota kelompok tani di desa masing-masing seperti masyarakat Desa Cepedak yang sudah menjadi anggota dan beberapa warga sudah mendapatkan kartu tersebut diantaranya adalah warga Dusun Sukan, Klerang dan Gondosuli.


Dengan adanya penerbitan Kartu Tani ini, para petani dapat lebih mudah mendapatkan pupuk bersubsidi di seluruh agen ataupun kios yang ditunjuk. Sehingga proses tanam petani tidak terganggu lagi karena kesulitan mendapatkan pupuk. Bagi petani yang ingin mendapatkan Kartu Tani, cukup dengan langsung mendatangi unit kerja BRI terdekat dan menyerahkan KTP. Jika data tersebut cocok dengan server SIMPI (Sistem Informasi Manajemen Pangan Indonesia), maka petani dapat langsung membuka rekening BRI dan juga mendapatkan Kartu Tani.

Kartu Tani berupa kartu debit dapat digesek pada EDC BRI yang ditempatkan di distributor pupuk di seluruh Indonesia. “Diharapkan dengan diterbitkannya Kartu Tani ini dapat membantu pemerataan distribusi pupuk bersubsidi bagi para petani yang berhak mendapatkannya, sehingga penyalurannya dapat tepat sasaran.

Sumber : H. Nur Kholik dan http://bri.co.id/news/199
×
Berita Terbaru Update