Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Merti Desa Karanggedang Tahun 2018 Diikuti Sebanyak 207 Kepala Keluarga

Monday, 31 December 2018 | 12/31/2018 06:19:00 am WIB Last Updated 2019-01-08T23:52:49Z
Karanggedang - Diakhir tahun 2018 masyarakat Desa Karanggedang mengadakan kegiatan Merti Desa. Pagelaran budaya merti desa tiga tahunan digelar di Desa Karanggedang, Kecamatan Bruno, Senin, 31 Desember 2018. 
Tampak Beberapa Ancak Diokasi Acara Ini Foto : Alex Ismanto/Cepedak News


Salah satu adat-istiadat yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Indonesia, khususnya warga Purworejo ialah Merti Desa. Gelaran adat budaya tersebut telah dilakukan turun menurun sejak dari zaman nenek moyang sampai sekarang. Hampir setiap desa pada bulan tertentu menggelar acara itu. Tidak tanggung-tanggung masyarakat mempersembahkan 6.544 ayam panggang untuk dibagikan kepada masyarakat.
Kupon Undangan Foto : Muhamad Toha/Cepedak News


Umumnya masyarakat yang diundang adalah warga masyarakat segitar Desa Karanggedang seperti Desa Kemranggen, Gunung Condong, Besuki, Pamriyan dan Desa Cepedak. Setiap waga yang datang ke acara merti desa sebelumnya telah di bagikan kupon yang menggunakan bahasa jawa sansakarta. Memiliki 2 sisi, sebelah kanan dan kiri yang dapat di potong sebelah kanan berisikan undangan keterangan acaran dan sebelah kiri beriisikan no kehadiran dan tertera uang sejumlah 13.000,- (tiga belas ribu rupiah) sebagai bentuk biaya retrebusi acara tersebut. 
Tamu Undangan Dalam Acara Merti Desa Foto : Sagiman/Cepedak News

Tamu undangan akan mendapatkan 1 teh botol dari sponsor acara tersebut. Tamu undangan yang hadir diacara ini juga mendapat nomor urut kehadiran yang didata oleh petgas pendaftaran dalam acara ini sehingga acara ini lebih tertip dan profesional.

Dalam kegiatan tersebut  diikuti oleh warga n masyaakat sebanyak 207 kk, jumlah ambeng/ancak sebanyak 309. Sedangkan jumlah ayam berjumlah 6.544. Dan untuk jumlah pengeluaran pembiayaan acara merti Desa Karanggedang sebesar Rp. 657.038.000,-. (enam ratus lima puluh tuju juta tiga puluh delapan ribu rupiah). Adapaun kreteria penilaia ampeng  sebagai berikut :

A1 dari bapak Bino Rt 002 Rw 002 
A2 Rt 003 Rw 001 
A3 Darmanto 
B1 Kimun 
B2 Supapto 
B3 Tulus 
C1 Baimin 
C2 Sutoyo 
C3 Bejo 
D1 Sugiyarto 
D2 Parijo 
D3 Jemaki 
E1 Oktavianto 
E2 Surahman 
E3 Joni

Terlihat ratusan warga berduyun-duyun membawa ancak ke Balai Desa setempat untuk dibagikan ke tamu undangan dan masyarakat sekitar. Tidak hanya berisi ingkung ratusan ancak tersebut pun dihiasi dengan hasil bumi. Dalam acara tersebut tak ketinggalan pentas seni lengger menjadi suguhan para tamu undangan. Gendingan jawa yang khas dan sinden mengiringi penari lengger pada acara tersebut. (mh/msm)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update