Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Kecanggihan Teknologi Diera Digital 4.0 dan Big Data

Thursday, 29 November 2018 | 11/29/2018 08:00:00 am WIB Last Updated 2018-12-08T07:12:05Z
Cepedak - Hidup di era digital yang sedang kita jalani saat ini memang sanggat praktis, kemudahan dalam mencari informasi yang di bantu oleh perangkat pintar, sistem dan aplikasi chat lainya. Bahkan diera tahun 2018 ini telah hadir aplikasi atau sistem otomatis yang di sediakan oleh Facebook, Whatsapp, Big Data dan Chatbot, .
Rekayasa Teknologi dan Big Data Foto : Muh Hasim /Cepedak News
Seiring berkembangya teknologi tahun ini sering di jumpai beberap aplikasi ataupun sosial media yang bisa membalas pesan secara otomatis saat kita baru mengirimkan pesan maka pesan akan di balas secara otomatis oleh sistem. Seperti halanya aplikasi pesan facebook milik Cepedak News saat ini telah menggunakan sistem membalas pesan otomatis dimana setiap percakapan awal akan di balas oleh sistem facebook. Takhanya itu, aplikasi lainya seperti whatsapp bisnis juga menyediakan chat otomatis.


Takhanya aplikasi facebook dan whatsapp yang memiliki sistem pintar atau sistem asisten. Perbankan juga mempunyai sebuah robot percakapan  otomatis dimana ketika nasabah chatting kan di balas oleh sistem. Jika di Bank BCA nama robotnya adalah Vira dimana tugas Vira adalah membantu pesan nasabah yang membutuhkan informasi seputar bank BCA. Sedangkan untuk di Bank BRI bernama Sabrina dan Alfamart bernama Shalma.


Namun, kenyataanya robot saat ini sudah mampu menulis artikel di media dan membantu menulis, mencari bahan, atau apapun. Dulu kita selalu utarakan, tugas humas adalah 24x7 jam, namun di era Humas 4.0 menjadi 7x1.440 menit. Benar menjadi per menit! Humas harus selalu aware dengan situasi yang terjadi. Sedangkan big data adalah himpunan data yang sangat besar yang tidak mampu diinputkan data konfensional dari Anda lahir hingga saat ini, big data juga memiliki karakteristisk tertentu yaitu volumne, variety dan velocity. Berikut ini penjelasan dari big data yang telah di rangkum oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (disingkat LIPI).


Big Data telah digunakan dalam banyak bisnis. Tidak hanya besar data yang menjadi poin utama tetapi apa yang harus dilakukan organisasi dengan data tersebut.


Asisten Google adalah asisten virtual yang didukung oleh kecerdasan buatan dan dikembangkan oleh Google yang terutama tersedia di perangkat seluler dan perangkat rumah pintar. Tidak seperti Google Now, Asisten Google dapat terlibat dalam percakapan dua arah dan sangat nyaman di gunakan. Anda bisa memberikan pertanyaan ke google asisten misal Setel alarem, perkiraan cuaca, informasi toko dan masih banyak pertanyaan-pertanyaan yang Anda ajukan dan akan di jawab langsung oleh asisten google. (mh/mh)
×
Berita Terbaru Update