Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Ruatan Ritual Tradisi Jawa Kono

Monday, 17 September 2018 | 9/17/2018 08:12:00 am WIB Last Updated 2018-10-09T01:27:02Z
Cepedak News - Dalam adat jawa ada ada istilah ruwartan atau tirakatan. Kegiatan ini diadakan untuk pemain kesenian kuda kepang Turonggo Budoyo yang dilaksanakan pada Minggu 16 September 2018 mulai pukul 22:00 s/d 17 September 2018 pukul 04:00 pagi hari berlokasi di Dusun Kempong-Karangjaha Desa Cepedak. 
Salah Satu Ritual Saat Ruatan Dilaksanakan Foto : M. Sodiqul Ma'arif / Cepedak News

Dalam masyarakat Jawa,ritual ruwat dibagi menjadi  tiga golongan dan mempunyai arti dan hari dan jam yang berbeda-beda 3 diantaranya adalah : 
1. Ritual ruwat untuk diri sendiri. 
2. Ritual ruwat untuk lingkungan. 
3. Ritual ruwat untuk wilayah.

Untuk proses ruwatan seperti yang diterangkan ini bisa ditujukan untuk seseorang yang akan diruwat, namun pelaksanaannya pada siang hari. Sedangkang untuk meruwat lingkup lingkungan, biasanya dilakukan pada malam hari. Perbedaan pemilihan waktu pelaksanaan pagelaran ditentukan melalui perhitungan hari dan pasaran. 

Tradisi “upacara atau ritual ruwatan” hingga kini masih dipergunakan orang jawa, sebagai sarana pembebasan dan penyucian manusia atas dosanya atau kesalahannya yang berdampak kesialan di dalam hidupnya. Dalam cerita “wayang“ dengan lakon Murwakala pada tradisi ruwatan di jawa ( jawa tengah) awalnya diperkirakan berkembang di dalam cerita jawa kuno.

Pada ritual ruwatan yandilaksanakan di Dusun Kempong-Karangjaha ini juga mengundang simpatisan warga sekita. Selain penyucian acara ini juga membakar kemenyan dan beberapa topeng yang akan di gunakan oleh penari atau pemain kuda kepang. Mitosnya tujuan ini untuk memberikan kelancaran saat melaksanakan pentas kesenian.
Dalam proses ruatan yang dilaksanakan hingga pagi hari ini juga menampilkan kesenian diantaranya Sinden, Tari Topeng dan Kuda Kepang sehingga menarik perhatian warga di sekitar lokasi. Tak hanya itu Tatas Sudiro Handojo selaku kades Desa Cepedak juga menghadiri dan menyaksikan proses ruatan hingga selesai. (msm/mt)
×
Berita Terbaru Update