Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati World Clean Day 15 September, Koramil, Muspika, Perangkat Desa dan Siswa Punguti Sampah

Saturday, 15 September 2018 | 9/15/2018 01:30:00 pm WIB Last Updated 2018-09-15T07:27:27Z
Cepedak - Peringati World Clean Up Day atau hari kebersihan dunia, warga Bruno, Jawa Tengah pungut sampah beramai-ramai. Sampah yang terkumpul kemudian akan didaur ulang menjadi barang lain yang bermanfaat. Kegiatan ini juga di laksanakan bersama Koramil, Muspika, Perangkat Desa dan Siswa-siswi SMP PGRI Bruno, Sabtu (15/9/2018).
Peringati World Clean Day 15 September Foto : Tutur Kimin dan Eko Sarwanto /Cepedak News
Sebelum dilakukan pemungutan sampah diadakan sosialisasi terlebih dahu yang berlokasi di halaman sekolah SMP PGRI Bruno. Setelah siswa-siswi sudah jelas tentang pemilahan dan teknis kegiatan ini kemudian dilanjutkan kelokasi yang telah di tentukan. Adapun jenis sampah yang diangkut adalah sampah plastik, kertas dan kaleng. Hal tersebut dilakukan untuk memperingati World Clean Up Day atau hari kebersihan dunia.  

Paradigma lama pengelolaan sampah dengan pendekatan penanganan akhir yaitu kumpul - angkut - buang ke tempat pembuangan akhir (TPA) sudah saatnya ditinggalkan, memandang sampah sebagai sumberdaya yang mempunyai nilai ekonomi dan dapat dimanfaatkan, misalnya untuk kompos, energi, bahan bangunan maupun sebagai bahan baku industri. egiatan ini dimulai sejak pukul 07:30 - 90:00 WIB.

Sedangkan sampah yang dibuang adalah sampah yang benar-benar sudah tidak dapat dimanfaatkan, karena tidak mempunyai nilai ekonomi. Pengumpulan sampah menggunakan kantong plastik dan kemudian di jadikan satu menggunakan karung dan di timbang. Kemudian semua sampah yang tehlah dikumpulkan dan di pilah akan dilakukan pengangutan ataupun bakar guna mengurangi sampah yang bisa merusak lingkungan. (mt/tk)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update