Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Ingkung Tanda Kemakmuran Karanggedang Dengan 5323 Ingkung

Friday, 1 April 2016 | 4/01/2016 07:23:00 pm WIB Last Updated 2016-05-07T09:30:20Z


Ribuan ingkung atau ayam kampung matang dipersembahkan warga Desa Karanggedang dalam acara merti desa tahun ini. Mereka mengundang sedikitnya 2.000 warga desa tetangga untuk hadir dalam acara ini.
Tradisi tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tiga tahun sekali. “Tradisi rutin tiga tahunan”, kata Tri Ernawati, Sekretaris Desa Karanggedang.
Merti desa diselenggarakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas rezeki dan keselamatan yang diperoleh selama tiga tahun terakhir. Kegiatan itu, katanya identik dengan ingkung karena daging ayam kampung dinilai sebagai makanan mewah. “Bagi warga kami pada zaman dulu, makan ayam kampung tentu sangat mewah, ternyata berlangsung turun-temurun hingga sekarang,” ucapnya.
Merti desa diselenggarakan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas rezeki dan keselamatan yang diperoleh selama tiga tahun terakhir. Kegiatan itu, katanya identik dengan ingkung karena daging ayam kampung dinilai sebagai makanan mewah. "Bagi warga kami pada zaman dulu, makan ayam kampung tentu sangat mewah, ternyata berlangsung turun-temurun hingga sekarang," ucapnya.

Ditambahkan, semakin banyak ayam kampung yang disumbangkan menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga. Semakin banyak artinya tambah sukses. Momentum itu juga mereka jadikan sarana bersedekah dengan harapan ridho Tuhan sehingga apa yang akan dikerjakan selalu mendapat kemudahan.

Dalam merti desa 2016, sedikitnya 202 Kepala keluarga (KK) di Karanggedang membentuk kelompok dan gotong-royong membuat 40 ancak. Setiap ancak disokong lima sampai enam warga, mereka menyumbang dana membuat ancak terbaik dan terlengkap. Total sebanyak 5.323 ayam kampung dipersembahkan warga.
  
Sekretaris merti desa Nanang Purwanto mengatakan, jumlah ingkung pada perayaan 2016 lebih banyak dibanding pelaksanaan tahun 2013. Pada tahun 2013, jumlah ingkung yang disumbangkan warga hanya 4.425 ayam.

Namun jumlah ancak pada 2013 mencapai 51. Puluhan ancak itu menghabiskan dana warga hingga Rp 595 juta. "Jumlah dana yang dihabiskan naik dua kalilipat dari pelaksanaan sebelumnya, sedangkan satu ancak terbaik berisi 203 ingkung," tandasnya. 
Sumber : Krjogja.com

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update