Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

600 Perempuan Deklarasi Awasi Pemilu

Thursday, 17 January 2019 | 1/17/2019 01:42:00 pm WIB Last Updated 2019-01-17T06:42:08Z
Purworejo - Sebanyak 600 perempuan yang berasal dari 494 desa/kelurahan se Kabupaten Purworejo mendeklarasikan diri untuk terlibat dalam kegiatan pengawasan pemilu. Deklarasi tersebut difasilitasi Bawaslu Kabupaten Purworejo yang bekerjasama dengan Korpri Kabupaten Purworejo di pendapa rumah dinas bupati, Kamis (17/1/2019). 
Deklarasi Pemilu Foto : Humas Bawaslu Purworejo


Kegiatan deklarasi bertajuk “Pengawasan Rakyat Semesta” itu dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan seminar bertema: “Meningkatkan Peran Perempuan dalam Pembangunan”. Kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Purworejo Agus Bastian. Pembacaan naskah deklarasi dipimpin Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq dan diikuti semua peserta yang hadir. Selanjutnya perwakilan peserta menandatangani naskah deklarasi. Ketua Bawaslu Kabupaten Purworejo Nur Kholiq didampingi dua anggotanya Rinto Hariyadi dan Anik Ratnawati menjelaskan, ratusan perempuan peserta deklarasi tersebut merupakan kader-kader PPK, Pembina PAUD, termasuk juga para pengurus Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se Kabupaten Purworejo. 


Kholiq menjelaskan, deklarasi tersebut merupakan wujud komitmen dari para perempuan di Kabupaten Purworejo untuk terlibat langsung dalam kegiatan pengawasan pemilu. “Bawaslu memiliki kewajiban untuk mengembangkan kegiatan pengawasan partisipatif. Perempuan memiliki posisi sangat strategis untuk terlibat secara langsung dalam pengawasan pemilu,” jelasnya. Rinto Hariyadi menjelaskan, makna dari Gerakan Pengawasan Rakyat Semesta adalah melibatkan seluruh elemen masyarakat dalam pengawasan pemilu. “Karena sesungguhnya pemilik utama kedaulatan itu adalah rakyat. Maka Bawaslu mendorong agar seluruh rakyat semesta di Purworejo bisa ikut terlibat dalam pengawasan pemilu,” paparnya. Anik Ratnawati menambahkan, deklarasi tersebut sinergi dengan program Bawaslu Jawa Tengah “Perempuan Awasi Pemilu”. Dia berharap agar setelah deklarasi tersebut, seluruh elemen perempuan di Kabupaten Purworejo bisa proaktif ikut melakukan pengawasan pemilu di lingkungan masing-masing. Ketua Korpri Kabupaten Purworejo Agus Budi Supriyanto menjelaskan, dalam kegiatan tersebut pihaknya sengaja menggandeng Bawaslu. 
Pembacaan Deklarasi Foto : Humas Bawaslu Purworejo


Tujuannya untuk mendorong kaum perempuan terlibat dalam kegiatan pembangunan, termasuk mensukseskan Pemilu 2019, khususnya di bidang pengawasan. “Ini sudah menjadi program kerja dari Korpri,” katanya. Agus Budi menegaskan, dengan kegiatan tersebut, para perempuan akan terbuka wawasannya untuk bisa berperan aktif dalam kegiatan pembangunan di Kabupaten Purworejo. Termasuk juga berperan dalam kegiatan untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu. “Kami sinergikan dengan program pengawasan partisipatif Bawaslu,” katanya. Bupati Purworejo Agus Bastian menyambut baik kegiatan tersebut. Menurut dia, perempuan harus terus diberdayakan dalam kegiatan pembangunan. “Saya juga berpesan agar para perempuan di Kabupaten Purworejo bisa ikut mensukseskan hajatan nasional pemilu serentak tanggal 17 April 2019 mendatang,” katanya. Humas Bawaslu Purworejo. (hbp/hbp)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update