Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peserta CPNS Wajib Lulus TWK, TIU dan TKP

Wednesday, 7 November 2018 | 11/07/2018 04:13:00 pm WIB Last Updated 2018-11-09T00:18:20Z
Purworejo - Setelah para  peminat kursi CPNS menyelesaikan seleksi administratif tiba saatnya untuk mengikuti ujian Computer Assisted Test (CAT). Kemampuan dasar pun harus diasah saat mengikuti ujian Computer Assisted Test. Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Permenpan RB No. 36 Tahun 2018 tentang Kriteria Penetapan Kebutuhan PNS menetapkan tiga kelompok materi soal seleksi kompetensi dasar (SKD).
Hasil Tes TWK, TIU dan TKP Foto : Zulkifli
Pelaksanaan Tes CPNS  Kabupaten Purworejo bertempat di Gedung Wiworo Wiji Pinilih, Jl. Jend. Sarwo Edhie Wibowo Nomor 2 Kota Magelang. Lokasi dapat diakses melalui Google Maps pada http://tiny.cc/wiworo_mgl

Jadwal selengkapnya bisa Anda unduh  di sini.


Ketiga kelompok soal dimaksud adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). “Agar lolos ke tahapan berikutnya, peserta seleksi harus lolos atau ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan MenPAN-RB. Untuk itu, peserta diminta menyiapkan diri dengan memelajari sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan sebelum dilaksanakan ujian Computer Assisted Test (CAT).
Tes Kopenensi TKD Foto : Google


TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai empat pilar kebangsaan Indonesia. Empat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI).
Contoh Tes TWK CPNS 2018

“NKRI ini mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.

Materi kedua adalah TIU yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka.


Latihan Tes Figural TIU 2018


TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik. Adapun TKP untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.




Latihan Tes TKP CPNS 2018

“TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain. (esy/jpnn)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update