Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Musim Panen Padi Juga Musim Burung Pemakan Padi

Monday, 5 November 2018 | 11/05/2018 12:32:00 pm WIB Last Updated 2018-11-07T10:35:16Z

Cepedak - Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban dan nasi adalah makana yang mengandung karbohidrat. Pada musim kemarau yang terjadi dua bulan terakhir dapat berdampak serta kekeringan dibeberapa wilayah, bahkan berpotensi menyebabkan gagal panen karena kekeringan. Selain kekeringan burug pemakan padi juga sangat berdampak pada hasil panen dan bisa mengakibatkan gagal panen. 
Sawah Terasering Foto : Muhammad Toha/Cepedak News


Dibeberapa wilayah burung merupakan hama yang susuah di kenadalikan oleh karenanya, penati mengakali padi-padi yang siap panen dengan  membuat orang-orangan sawah atau tali rafia yang di beri plastik yang berfungsi untuk menakut-nakuti burung pemakan padi.
Burung Pemakan Padi Foto : Istimewa


Sepertihalanya dengan kegiatan petani di wilayah Desa Cepedak setiap akan memasuki musim panen maka para petani akan menjaga dengan ekstra dari pagi hingga sore. Burung yang biasa memakan padi di wilayah Desa Cepedak warga menyebutnya dengan nama burung emprit. Jenis burung ini biasanya bergerombol ketika akan memakan padi-padi para petani. Hal tersebut sering membuat petani melakukan berbagai cara untuk mengusir burung pemakan padi.

Tak jarang ketika menjelang musim panen burung emprit ini sedang berkembang biak dan ketika musim panen berikutnya burung tersebut sudah lebih banyak. Sarang burung emprit biasanya tak jauh dari sekitar sawah milik warga biasanya burung ini bersarang di pohon kelapa, pohon nangka dan pohon-pohonlainya.

Menurut informasi warga hasil panen bulan Oktober meningkat di bandinkan panen sebelumnya. Penanaman, pemupukan, perawatan hingga menjaga padi-padi dari burung emprit menjadi hasil akhir dari para petana. (mt/mt)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update