Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Nilai Positif Kegiatan Pencaksilat Dikalangan Pemuda

Sunday, 29 July 2018 | 7/29/2018 05:44:00 pm WIB Last Updated 2018-07-29T22:33:45Z
Cepedak - Pencak silat atau silat adalah suatu seni bela diri tradisional yang berasal dari Kepulauan Melayu. Seni bela diri ini secara luas dikenal di Indonesia, Malaysia, Brunei, dan Singapura, Filipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara. Perkembangan silat secara historis mulai tercatat ketika penyebarannya banyak dipengaruhi oleh kaum penyebar agama Islam pada abad ke-14 di Nusantara.
Latihan Dasar Pencaksilat Foto: Arif Fauzan/Cepedak News


Pengertian lain dari pencak adalah gerakan langkah keindahan dengan menghindar, yang disertakan gerakan berunsur komedi. Pencak dapat dipertontonkan sebagai sarana hiburan. Sedangkan silat adalah unsur teknik bela diri menangkis, menyerang dan mengunci yang tidak dapat diperagakan di depan umum.

Dimulai dari rasa keingin tahuan pemuda-pemudi Desa Cepedak tentang pencaksilat mulai 24 Juli 2018 pemuda-pemudi Desa Cepedak melaksanakan kegiatan pencaksilat yang di latih oleh Arif Fauzan. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mempertahankan diri dari hal-hal yang tidak di inginkan. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap hari Minggu berlokasi di Dusun Dapurna Desa Cepedak.

Terdapat 4 aspek utama dalam pencak silat diantaranya :

  1. Aspek Mental Spiritual: Pencak silat membangun dan mengembangkan kepribadian dan karakter mulia seseorang. Para pendekar dan maha guru pencak silat zaman dahulu seringkali harus melewati tahapan semadi, tapa, atau aspek kebatinan lain untuk mencapai tingkat tertinggi keilmuannya. 
  2. Aspek Seni Budaya: Budaya dan permainan "seni" pencak silat ialah salah satu aspek yang sangat penting. Istilah Pencak pada umumnya menggambarkan bentuk seni tarian pencak silat, dengan musik dan busana tradisional. 
  3. Aspek Bela Diri: Kepercayaan dan ketekunan diri ialah sangat penting dalam menguasai ilmu bela diri dalam pencak silat. Istilah silat, cenderung menekankan pada aspek kemampuan teknis bela diri pencak silat. 
  4. Aspek Olah Raga: Ini berarti bahwa aspek fisik dalam pencak silat ialah penting. Pesilat mencoba menyesuaikan pikiran dengan olah tubuh. Kompetisi ialah bagian aspek ini. Aspek olahraga meliputi pertandingan dan demonstrasi bentuk-bentuk jurus, baik untuk tunggal, ganda atau regu.


Arif Fauzan berharap semua pemuda yang ingin bergabung dan latihan bersama bisa mengikuti kegiatan ini bersama-sama. Untuk saat murid yang mengikuti latihan pencak silat ini baru 4 orang terdiri dari 2 pria dan 2 perempuan dengan nama pencaksilat Pagar Nusa ujar Arif Fauzan saat di hubungi tim Cepedak News.

Bagi pemuda-pemudi yang ingin ikut latihan pencaksilah bisa menghubungi saudara Arif Fauzan tentunya kegian ini sangat bermanfaat bagi pemuda-pemudi sebagai pembekalan. (mt/af)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update