Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

Tag Terpopuler

150 Kader Bela Negara Deklarasi Awasi Pemilu

Saturday, 26 January 2019 | 1/26/2019 11:29:00 am WIB Last Updated 2019-01-28T04:33:50Z
PURWOREJO-Masyarakat yang secara sukarela ingin terlibat aktif dalam pengawasan pemilu di Kabupaten Purworejo terus bertambah. Mereka bergabung menjadi pengawas partisipatif dalam langgam program "Pengawasan Rakyat Semesta".
Deklarasi Pengawasan Rakyat Semesta Foto : Humas Banwaslu



Seperti 150 remaja kader bela negara yang dibina oleh Kesbangpol. Mereka yang merupakan pemilih pemula mendeklarasikan diri menjadi pengawas pastisipatif bersamaan dengan kegiatan pentas musik kebangsaan di kantor Kesbangpol, Sabtu, (26/1/2019).

Deklarasi terbut disaksikan Komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo Abdul Azis, Kepala Kesbangpol Bambang Sadyo Hastono, Kepala Bagian Humas Bambang Gatot Seno Aji, dan jajaran Forkopimda.

Dalam kesempatan itu, Abdul Azis mengapresiasi sekaligus mengucapkan terima kasih kepada para kader bela negara. "Gerakan pengawasan pemilu rakyat semesta di Kabupaten Purworejo semakin membesar," tegasnya.

Ditegaskan Azis, Bawaslu memiliki kewajiban untuk terus mengembangkan pengawasan partisipatif. Yakni pengawasan pemilu dengan melibatkan elemen masyarakat sebagai pemegang kedaulatan sah di negeri ini.

Dengan adanya keterlibatan masyarakat dalam pengawasan, diharapkan potensi pelanggaran semakin kecil. "Setelah deklarasi ini, para kader bela negara akan aktif memberikan informasi dan turut memantau serta memonitor pelaksanaan tahapan pemilu di wilayah masing-masing," katanya.

Kabag Humas Bambang Gatot Seno Aji menjelaskan, para kader bela negara itu merupakan pemilih pemula dari sekitar 30 sekolah di Kabupaten Purworejo. Mereka dibentuk saat Gatot masih menjabat sebagai Kepala Kesbangpol dengan nama tim Alfa.

Para kader bela negara itu sudah digembleng tentang nasionalisme dan wawasan kebangsaan di Batalyon 412. Mereka diajarkan tentang semangat-semangat nasionalisme dan bela negara.

"Saya kira sangat tepat. Para kader bela negara ini memiliki militansi yang kuat, sehingga sangat strategis bermitra dengan Bawaslu," katanya.

Apresiasi serupa disampaikan Kepala Kesbangpol Bambang Sadyo Hastono. Dia sangat mendukung para kader bela negara tersebut mendeklarasikan diri sebagai relawan pengawas pemilu. "Kontribusi kader bela negara ini semakin menguatkan ekspektasi terselenggaranya pemilu di Purworejo yang berintegritas dan bermartabat," tandasnya. (Humas Bawaslu Purworejo)

HASIL PILBUP PURWOREJO DESA CEPEDAK


×
Berita Terbaru Update