Notification

×
/*KT Setiyo Konco Desa Cepedak*/

Indeks Berita

HASIL REKAPITULASI CEPEDAK MEMILIH SENIN, 03 MEI 2021

Tag Terpopuler

Purworejo Punya Festival Bogowonto

Monday, 28 November 2016 | 11/28/2016 07:43:00 am WIB Last Updated 2017-01-15T00:43:47Z
Air adalah salah satu sumber kehidupan, dan sungai sebagai muara berkumpulnya. Air adalah sumber kehidupan yang telah melahirkan peradaban dan kebudayaan seperti halnya Sungai Bogowonto yang hulu hilirnya terbentang dari ujung utara Pegunungan Menoreh hingga pantai selatan di wilayah Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah bagian selatan. Sungai Bogowonto termasuk salah satu dari 4 sungai besar yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Festival Bogowonto dengan tema “Eksotika Tirta Nusantara” adalah wujud nyata kepedulian generasi muda Purworejo pada keberadaan Sungai Bogowonto dan kawasan serta dalam rangka menyukseskan “VISIT PURWOREJO 2020”. Untuk itulah, demi suksesnya kegiatan ini semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi dan mendukung gerakan menyelamatkan Sungai Bogowonto ini.
Berikut ini adalalah siaran langsung dari lokasi festival tersebut.



Selain dihadiri ribuan pengunjung dari berbagai daerah, beberapa turis asing juga tampak asyik menyaksikan berbagai pertunjukan. Pembukaan festival yang digelar di kawasan Sungai Bogowonto atau objek Wisata Pangpung Games tersebut, juga dihadiri Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo, Bupati Purworejo Agus Bastian, Forkopimda, serta para pegiat seni.
Dalam sambutannya Gubernur Jawa Tengah H Ganjar Pranowo SH MIP mengatakan, banyak desa di Jateng yang memiliki beragam potensi pariwisata. Jika masyarakat dapat menggali dan mengelola potensi wisata yang ada di masing-masing desa, akan menghasilkan pendapatan luar biasa. Dia menunjuk contoh BUMDes Umbul Ponggok di Desa Ponggok, Kabupaten Klaten, yang mampu menghasilkan PADes sekitar Rp 5 miliar per tahun.
Dalam kesempatan tersebut, gubernur mengajak semua elemen masyarakat senantiasa menjaga kebersihan dan kelestarian sungai sebagai sumber kehidupan. Tidak boleh membuang sampah. Jangan jadikan sungai sebagai tempat “Mekong” alias meme bokong atau buang air besar di sungai.
"Saya berharap tahun depan festival ini jalan lagi tapi ada kemajuan. Potensi wisata air yang kita miliki, saya membayangkan atlet-atlet dayung berasal dari sini apalagi sekarang sedang didorong sport tourism," imbuhnya.
×
Berita Terbaru Update